MELUKAT DI PURA TAMAN BEJI

 


PENGELUKATAN PURA TAMAN BEJI

Om Swastyastu Semeton

Tempat ini terkenal angker karena konon dihuni berbagai jenis makhluk halus. Namun hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mencoba suasana baru untuk melakukan pembersihan diri secara niskala (gaib).

Menurut pengelola sekaligus pengempon Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul, Ida Bagus Eka Giri Artha, para pamedek (umat yang datang untuk membersihkan diri) dapat meluapkan emosi ataupun keluh kesah mereka dengan cara berteriak sekencang-kencangnya di dasar air terjun.

"Disini terdapat dua air terjun yang memiliki fungsi berbeda, kalau air terjun di bawah, fungsinya sebagai pelebur mala, rasa iri dengki, dan amarah. Makanya, pengunjung yang datang ketika mandi di air terjun bawah disarankan berdiri di bawah guyuran air terjun dan membayangkan seseorang yang dia benci, lalu berteriak sekeras mungkin di sana. Setelah selesai mandi, pasti akan lebih tenang, rasa iri, amarah, dan benci rasanya hilang dan plong," ucapnya.

Sementara itu, untuk air terjun kedua berfungsi sebagai air terjun kebahagiaan. Saat pamedek mandi di bawah guyuran air terjun itu diharuskan untuk membayangkan semua hal - hal yang membahagiakan. Karena air terjun itu dipercaya bisa membuat bayangan itu jadi nyata.

Hal ini tentu berbeda dengan tempat-tempat pengelukatan yang lain. Selain itu Pura Beji umumnya berada di tepian sungai, dan biasanya hanya memiliki sebuah mata air. Namun, berbeda dengan tempat ini justru memiliki sembilan mata air dan dua buah air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Share:

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Powered by Blogger.

About Me

My photo
My Name is NI NENGAH DESSI.I am a blogger.Female.I am a Balinese.Indonesia is my country.

SEGEHAN HARI RAYA NYEPI

  Kemarin banyak yang tanya Segehan yg 11tanding itu untuk dimana Ini saya share ulang yang lebih lengkap. ✓ Tri Mala Paksa, yaitu Bhuta Buc...