OTONAN 02


 

Om Swastyastu Semeton

 

Ketut Agus Nova, S.Fil. H. M.Ag atau akrab disapa Jro Anom menjelaskan bayuh oton diyakini sebagai momen untuk menetralisir derita bawaan sejak lahir. Sehingga tidak jarang jika mebayuh dilaksanakan atas kondisi tertentu, seperti kelainan jiwa, sakit berkepanjangan, sering dirundung kesialan atau kecelakaan. “Pelaksanaan mabayuh oton bermaksud untuk pengruwatan demi menyelamatkan manusia dari akibat keburukan hari lahir dan unsur karma phala yang buruk. Karena masih me­lekat pada diri manusia serta mengurangi pengaruh Sad Ripu atau sifat-sifat keraksasaan yang dibawa sejak lahir,” jelasnya.

 

Tak hanya demi menghilangkan segala kesakitan dan kesialan. Mebayuh oton disebut Jro Anom mampu memperbaiki karakter seorang anak. Menurutnya Umat Hindu meyakini karakter anak bisa dibawa sejak lahir. Apabila anak memiliki utang atau kapiutangan saat ia lahir, maka akan ber­dampak pada karakternya kelak ketika ia sudah dewasa.“Untuk memusnahkan karakter buruk yang sudah dibawa dari lahir itu, masyarakat Bali melakukan upacara mabayuh oton. Mereka percaya dan berdasarkan pengalaman beberapa masyarakat, karakter anak itu setelah dibayuh berangsur menjadi lebih baik,” terangnya.

 

Jro Anom menyebutkan upacara mabayuh oton dalam pelaksanaannya terdapat perbedaan sarana upa­kara yang dipergunakan. Ini didasari disamping perbedaan wewaran, wuku dan ingkel. Bahkan tempat mebayuh atau metubah, tirta yang dipergunakan dikatakan Jro anom bisa saja berbeda-beda. “Untuk menentukan sarana upakara saat mebayuh oton itu didasari atas perhitungan pancawara, saptawara dan pawukon.

 

Sehingga tiap orang bisa saja berbeda-beda jenis sarana upakara yang dipergunakan,” kata dosen STAHN Mpu Kuturan ini. Disebutkan Jro Anom Dalam Lontar Wraspati Kalpa tempat mebayuh juga berbeda-beda, berdasarkan perhitungan pancawara saptawara dan pawukon.


Share:

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Powered by Blogger.

About Me

My photo
My Name is NI NENGAH DESSI.I am a blogger.Female.I am a Balinese.Indonesia is my country.

SEGEHAN HARI RAYA NYEPI

  Kemarin banyak yang tanya Segehan yg 11tanding itu untuk dimana Ini saya share ulang yang lebih lengkap. ✓ Tri Mala Paksa, yaitu Bhuta Buc...