PRASASTI PRAWANGSA

 




Hubungan gunung Semeru sangat erat dengan Bali

di masa lalu ,apa yg tersirat di prasasti Parawangsa ,hari ini tepat di saat tilem ke enem di Bali ada upacara nakluk merana, semoga Gering agung gelis metilar hari ini juga gunung Semeru bangun dan di Bali hujan deras ibarat ibu Pertiwi membersihkan buana agung dari Gering agung semoga Bali dan dunia Rahayu Amertaning bumi,amertaning jagat
Menyomiakan buta kala agar bumi Rahayu sunia ,tercerahkan
Beliau punya kuasa ,beliau berkehendak,beliau punya cerita semoga damai manusia di bumi
Mecaru agung, Bali yg agung Semeru yg agung
Dewi Durga sedang beryoga dan bersemedi
Hari Siwa beryoga,tepat tilem ke 6
Mohon maaf ini hanya kepercayaan saya pribadi saja, tetapi saya sangat percaya karena saya hindu
# parisentane lan pajak Ida yg maha besar
# warih Ida dukuh ,Pasek dll,dan yg lainya hidup damai di bali
# Tabik sareng Betara betari sane dahat suciang titiang
# eling dgn hyang leluhur
Prasasti prawangsa
Pakulun Sanghyang Guru Reka, kawi swara, sanghyang aji Saraswati panusup maring bayu, sabdha idep angisi tahta angisep sastra, angisep sidhi, pat sastra ya namah. Iti pakeling sauliring pasek, Ida Sanghyang Pasupati malinggih ring Gunung Semeru, maduwe putra lelima, sane pinih duwur maparab I Dukuh Cakti, sane madenan I Dukuh Semeru, sane Nyomanan Sanghyang Maha Dewa malinggih ring Bukit Srengga, sane maketutan Dukuh Jumpungan malinggih ring Badusa ring Bali bangsul. Dukuh Cakti, Dukuh Semeru rajeg ring Semeru, sane mawayahangileh maparab Danghyang Angsana, turun ke Bali Bangsul alinggihin daun kapu-kapu, rauh ring madyaning samudra, katon bukit tingglis ring tengahing segara, alasne madan Kuntul Hululiku Desa, meled katon macingakan turun wenten bulihan bukit Andakasa ngapurwayang, rauh ring purwa raris ngedaksinan, tanggun bukite buntut bahu, utarane gumi. Irika pakayunan Dang Hyang Sana ngawe bebaturan, sampun puput kapelaspas, madan bebaturan, Ida Dang Hyang Sana ngentos peringet, maparab Ida Dang Hyang Brahma. Iraka raris Ida masumadana, wastu uli mangke kayang kewekas, yen misi alas kuntul hululikune manusia apang madan Bukit Andakasa apang madan penataran agung. Raris Ida Danghyang Brahma macingakan ke Air Sania kepanggih Bukit Kembar, kacingak saking penataran Cilayukti raris meled pakayunan Ida Dang Hyang Brahma ring Bukite Kembar punika, rauh irika ring ulihan bukite ring tangkah sane ngedaksinang buntute taler masih batu, dangin alas, delodne alas telabah, balerne bukit, dauhne alas telabah, irika raris meled pakayunan Ida Dang Hyang Brahma ngardi bebaturan, sesampun puput bebaturane irika raris kepelaspas Ida, madan bebaturane Sila Hyang Wana Sari. Raris Ida macingakan ke Kulon kepanggih bukit ninggil sekadi tumpeng madan bukit basuki, raris Dang Hyang Brahma ngredana putra asiki, mijil sakeng anggan Ida Dhang Hyang Brahma, raris ngandika ring putra : nanak jalan iring bapa ke Bukit Basukine, tityang ngiring pakayunan Batara, raris Ida memargi ke kulon rauh irika ring Bukit Basukine ring tengah sane ngidul taler buntut, tanggun buntute taler batu, purwane lebak alas ring daksine lebak alas, pascimane lebak alas, lorne bukit, irika meled Dang Hyang Brahma sareng putrane ngardi bebaturan, raris pelaspas Ida sareng putrane, putrane Empu Witha Dharma, raris nyumbu bebaturan punika ring pusat Besakih, Dang Hyang Brahma mantuk ring bebaturane ring Sila Hyang Wana Sari rauh irika, malih ida ngredana putra asiki medal saking anggan Ida maparab Ida Empu Witha Dharma, malih ngredana asiki putra medal ring ida lanang, maparab Empu Adnyana, malih ngredana putra asiki medal saking Ida lanang meparab Empu Pastika, malih ngeredana putra asiki medal saking ida lanang maparab Empu Pinanda, malih ngredana putra asiki medal Ida putra asiki sakeng anggan ida lanang maparab Empu Kuturan, malih ngredana putra asiki saking anggan ida lanang maparab Empu Pastika maka jati maparab Empu Beradah.
Puput sampun putra Ida Dhang Hyang Brahma, sang sawiji, raris Ida Dang Hyang Brahma ngandika ring putran ida sami, nanak mangkin bukite kembar sane bedauhan adanin bapa Bukit Gamongan, duaning madan bukit Gamongan, bahane nanak ngemong wewidangan gumi bangsule, bin abesik adanin bapa Bukit Bujangga Dewa, bahane nanak bujangga widhi, maka memen manusiane sami, maka bapan manusiane sami. Atri adanin malih abesik madan Bukit Lempuyang, apan nanak ngempu gumine Bali Bangsul, nyinarin gumine maka sami, saprapti sentana nanak jani kayang kawekas, yan tan inget teken bebaturane dadua, bebaturan Silawana Hyang Sari, malih ring pusat Besakih, moga moga sugih gawe kirang pangan, matemahan wong sudra jati, sapunika sapan Ida Dhang Hyang Brahma. Jani Bapa mantuk kecatuspata ke Majapahit, raris ida munggah kepuncak Gunung Lempuyang. Ida Dhang Hyang Brahma, raris ida magentos paringet Ida Dhang Hyang Genijaya. Sampun puput amunika pidartan Ida Dhang Hyang Brahma.
Arti bebasnya :
Ya Tuhan semoga tidak ada halangan yang merintangi atas kesucianMu, yang maha suci Bhatara-Bhatari kawitan, kawi Swara, Sang hyang Aji Saraswati, yang menjiwai menggerakkan semua perbuatan, kata-kata dan pikiran. Meresapi tata cara, meresapi kesucian, semua keadaan semuanya suci, ya Tuhan, Dewi Saraswati sembah sujudku terhadap kesucianmu.
Ida Sang Hyang Pasupati berkedudukan di Gunung Semeru mempunyai putra lima orang yang paling sulung bernama Ki Dukuh Sakti, yang madenan bernama I Dukuh Semeru, yang nyomanan Dhang Hyang Mahadewa berkedudukan di Bukit Srengga, yang paling bungsu bernama Dukuh Jumpungan berkedudukan di Badusa. Dukuh Sakti dan Dukuh Smeru tetap berkedudukan di Gunung Semeru, saudara yang ke lima Dhang Hyang Sana turun ke pulau Bali dengan berkendaraan daun kapu-kapu. Sesampainya di tengah lautan kelihatan dengan jelas suatu bukit yaitu Kutan Kuntul Hululiku, tertarik hasrat beliau untuk turun ke bukit yang adatar, lalu melihat kebawah lalu melihat perbukitan Andhakasa yang membentang ketimur lalu berkelok ke selatan, ujung bukit yang tadi buntu di sebelah selatan adalah laut, sebelah timurnya laut, sebelah baratnya juga laut, dan sebelah utaranya dataran bukit. Di tempat ini Dhang Hyang Sana bermaksud membuat kahyangan, setelah selesai membuat kahyangan tersebut kemudian dipelaspas, maka kahyangan tersebut kemudian dipelaspas, maka kahyangan tersebut disebut kahyangan Silayukti. Pada saat itu Dhang Hyang Sana berganti nama bernama Ida Dang Hyang Brahma. Pada waktu itu pula beliau memberi penerangan, semoga dari sekarang sampai pada kemudian hari apabila Kutan Kuntuliku didiami oleh manusia agar dinamai Desa Padang dan perbukitan yang diatasnya datar dinamai Bukit Andakasa. yang disebelah selatanbukit Andakasa agar dinamai Penataran Agung. Setelah itu Dhang Hyang Sana melepaskan pandangan kewilayah Timur Laut, maka terlihatlah perbukitan kembar dari penataran Silayukti. Pada saat itu Dhang hyang Brahma bemaksud mendatangi perbukitan tersebut sampai pada jalur perbukitan ditengah ( tangkah ) bahwa disitu sama keadaannya dengan Penataran Silayukti akan tetapi berlainan sifatnya. Jalur perbukitan di tengah-tengahnya adalah buntu, arah selatan dari yang buntu itu adalah batu juga, sebelah timurnya hutan telabah, sebelah baratnya hutan telabah, sedangkan disebelah utaranya adalah bukit, disanalah beliau timbul hasrat dan kemudian Dhang Hyang Brahma membuat bebaturan ( Kahyangan ). Setelah selesai bebaturan kemudian di plaspas, kemudian bebaturan tersebut diberi nama Sila Hyang Wana Sari, Setelah itu Dhang Hyang Brahma melepaskan pandangan ke arah barat lalu terlihatlah sebuah gunung yang menjulang tinggi menyerupai tumpeng bernama Gunung Basukih. Pada saat itu Dhang Hyang Brahma menciptakan putra lelaki seseorang keluar dari Panca Adnyana beliau lalu berkata kepada anaknya ; anakku; marilah ikut ayah pergi ke Gunung Basukih, singgih hamba akan mengikuti kehendak Bhatara, dan tidak berapa lama sampailah di sana di Gunung Basukih, yang ditengah, jalur perbukitan juga buntu dan jalur yang buntu keadaannya buntu sebelah timur lembah hutan, sebelah selatan lembah hutan, sebelah barat lembah hutan dan sebelah utaranya Gunung Agung. Di tempat ini kemudian timbul hasrat beliau Dhangyang Brahma membuat kahyangan bersama dengan putra beliau setelah selesai kamudian di plaspas bersama dengan putranya itu bernama Mpu Witha Dharma. Dan selanjutnya beliau yang nyumbu Batara di Kahyangan Besakih, sedangkan Dhang Hyang Brahma pulang kembali ke kahyangan Sila Hyang Wana Sari, dimana setibanya beliau disini lagi beliau ngeredana putra-putra lelaki lagi satu, keluar dari badan beliau sendiri bernama Mpu Wira Dharma, lagi ngredana putra keluarlah putra lelaki lagi satu bernama Mpu Adnyana, ngredana lagi keluar putra lelaki bernama Mpu Pastika, lagi ngredana putra keluarlah putra lelaki lagi satu bernama Mpu Jiwaksara, ngredana putra lelaki lagi satu bernama Mpu Pinanda, ngredana lagi putra bernama Mpu Kuturan, ngredana lagi putra lelaki yang bernama Mpu Angsoka yang sesungguhnya adalah Mpu Bradah. Selesai sudah Dang Hyang Brahma menciptakan putra sembilan orang laki-laki lalu beliau bersabda kepada putra-putranya “ anakku sekalian bahwa keadaan bukit kembar yang disebelah barat ayah namakan Bukit Gamongan, diberikan nama demikian karena anakku sekalian ngemong seluruh gumi Bali ini. Gunung yang lagi satu ayah namakan Bukit Bhujangga Dewa, karena anak-anakku bertugas sebagai Bujangga Widhi, yang menjadi ibu dan bapak dari semua orang, bukit yang ketiga dinamakan Bukit Lempuyang karena anak-anakku ngempu orang-orang yang ada di pulau Bali ini, serta menerangi, memberi seluruh kesucian kepada masyarakat seluruhnya, dalam keadaan seperti sekarang ini, maka dari semua keturunan ayah dan keturunan anak-anakku sekalian, mulai sekarang ini sampai dikemudian hari ada yang tidak ingat kepada kahyangan ini yang dua ini yaitu : Kahyangan Sila Hyang Wana Sari dan pusat Kahyangan Besakih, semoga keturunan anak-anakku mendapatkan banyak kerja tetapi sedikit menghasilkan sehingga menjadi manusia yang hina dina. Demikan nasehat Dhang Hyang Brahma, sekarang ayah akan pulang ke Catuspata Majapahit pulang ke dalam nirwana, lalu melanjutkan perjalanan menuju ke utara menuju puncak Gunung Lempuyang, Disini Dhang Hyang Brahma moksah dan selanjutnya berganti nama dengan nama Dhang Hyang Gnijaya.
Sumber : Santa Adnyana, I Wayan. 2007. Pura Lempuyang Suatu Analisis Pendidikan Religius Filosofis , Tesis Program Studi Magister (S2) Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.




Share:

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Powered by Blogger.

About Me

My photo
My Name is NI NENGAH DESSI.I am a blogger.Female.I am a Balinese.Indonesia is my country.

SEGEHAN HARI RAYA NYEPI

  Kemarin banyak yang tanya Segehan yg 11tanding itu untuk dimana Ini saya share ulang yang lebih lengkap. ✓ Tri Mala Paksa, yaitu Bhuta Buc...